Berkhidmat Untuk Rakyat

Berkhidmat             Untuk            Rakyat

Rabu, 31 Juli 2013

Umat Islam Yogyakarta Gelar Aksi Keprihatinan untuk Mesir



Yogyakarta - Ratusan umat Islam dari berbagai organisasi menggelar aksi keprihatinan tragedi berdarah di Mesir. Massa yang tergabung dalam 'Save Egypt' itu menggelar aksi di titik nol kilometer di simpang Empat Kantor Pos Besar Yogyakarta, Selasa sore.

Aksi sore mulai pukul 16.00 WIB, Selasa (29/7/2013), itu diikuti antara lain Aliansi Pemuda Peduli Dunia Islam (APPDI), Farohis Kota Yogyakarta, Forum Rohis Nusantara se-DIY, Forus Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Yogya, BKPRMI DIY dan lain-lain.

Dalam aksi itu mereka membawa berbagai macam spanduk dan poster yang berisi dukungan terhadap masyarakat Mesir. Massa laki-laki menggelar aksi ditengah simpang empat atau di titik nol kilometer. Sedangkan massa perempuan menggelar aksi di pinggir jalan sisi barat dan timur simpang empat.

Beberapa orang peserta aksi ada juga yang membawa poster presiden mesir Morsi dengan tulisan 'dialah presiden Mesir'. Sedangkan spanduk yang dibawa diantaranya bertuliskan 'Bela Mesir, negara pendukung NKRI, save Egypt, Aksi damai tanpa senjata berhari-hari dibalas sniper, dan lain-lain.

Dalam aksi itu, massa bergantian melakukan orasi. Mereka mengecam keras dan menolak tegas adanya kudeta militer di Mesir. Mereka juga mengajak seluruh masyarakat muslim di Indonesia untuk berdoa agar tidak ada pertumpahan darah kembali terjadi di Mesir.

Salah satu koordinator aksi Dimas Agil kepada wartawan disela-sela aksi mengatakan Indonesia dan Mesir mempunyai tali hubungan sejarah yang panjang. Mesir adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan RI. Pihaknya mengecam adanya kudeta militer di Mesir yang telah menimbulkan banyak jatuh korban.

"Kudeta militer hingga adanya pertumpahan darah adalah melanggar HAM. Kami juga mendesak Presiden SBY agar konsisten menjalankan politik luar negeri bebas aktif, dengan cara mengambil tindakan terbaik bagi Mesir tanpa ada tekanan dan intervensi negara lain termasuk Amerika," kata Dimas. (detik)


0 comments:

Posting Komentar

***

***

Entri Populer

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by DPC PKS Jetis