Berkhidmat Untuk Rakyat

Berkhidmat             Untuk            Rakyat

Kamis, 04 Juli 2013

Mentan Akan Telusuri Biang Keladi Kenaikan Harga Daging Ayam

Biang Keladi Penyebab Kenaikan Harga Daging Ayam Ditelusuri
Ilustrasi (Liputan 6.com/Abdul Aziz Prastowo)
 Jakarta - Menteri Pertanian Suswono berjanji bakal mencari tahu pihak-pihak yang menikmati keuntungan dari kenaikan harga daging ayam. Alasannya, harga daging ayam melonjak justru di saat pasokan sumber protein tersebut cukup banyak di pasaran. 

Penegasan tersebut disampaikan Suswono usai Rapat kerja dengan Komisi IV DPR, di Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2013). "Mengenai ayam yang melonjak padahal stok cukup, kita mau mencari siapa menikmatinya kenaikan ini," ujarnya.

Suswono menyatakan, kementeriannya hari ini bakal memanggil sejumlah pelaku usaha guna meminta penjelasan terkait kenaikan harga daging ayam di pasaran. Pihaknya juga akan meminta penjelasan terkait kenaikan harga dari sejumlah bahan kebutuhan pokok lainnya. 

Pemerintah berharap para pelaku bisnis tidak memanfaatkan moment Bulan Puasa untuk mencari keuntungan yang besar tanpa memperhatikan pasokan dan kebutuhan masyarakat. Dari laporan badan Ketahanan Pangan, stok bahan pangan di berbagai daerah kini dalam kondisi relatif aman. 

Terkait naiknya harga sejumlah bahan pokok jelang bulan Puasa, Suwono menyatakan fenomena tersebut merupakan yang wajar asalkan masih dalam batas-batas normal. 

"Saya rasa itu lazim dan bukan rahasia lagi jelang puasa naik tapi kenaikannya yang wajarlah ada hitungan seperti soal transportasinya berapa, jangan hanya karena mengatasnamakan kenaikan BBM jadi seenaknya saja," katanya. 

Sayangnya, kenaikan harga yang terjadi justru tidak banyak dinikmati para petani. Keuntungan dari kenaikan tersebut kebanyakan dinikmati para distributor atau tengkulak yang berada diatas petani. "Jadi kita harapkan ada etika bisnis yang berjalan dengan baik," lanjutnya.(Dny/Shd/L6)

0 comments:

Posting Komentar

***

***

Entri Populer

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by DPC PKS Jetis