Berkhidmat Untuk Rakyat

Berkhidmat             Untuk            Rakyat

Minggu, 15 September 2013

Fikri Faqih: Industri Rumah Tangga Tulang Punggung Perekonomian


TEGAL - Industri rumah tangga yang selama ini dianggap hanya sebagai usaha rumahan yang menghasilkan produk yang bersifat individu ternyata menjadi lumbung perekonomian daerah. Hal itu seperti yang terjadi di daerah pesisir Kabupaten Tegal. Di wilayah Kecamatan Suradadi misalnya, banyak industri rumahan yang justru dengan keberadaannya mampu menjadi tulang punggung perekonomian daerah pesisir Pantai Utara tersebut.

Menurut A Fikri Faqih, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah (Fraksi PKS), justru industri rumahan yang dikelola milik perseorangan menjadi penguat ekonomi kerakyatan, terutama di pesisir Kabupaten Tegal.

"Industri rumahan yang dikelola oleh masyarakat lokal justru memberikan peranan siginifikan dalam konteks perekonomian, utamanya adalah membantu pemerintah dalam membuka seluas–luasnya lapangan pekerjaan di daerah Tegal," terang Fikri saat melakukan kunjungan ke industri rumah tangga konveksi di Desa Purwahamba, Suradadi, Kabupaten Tegal, Sabtu (14/9).

Lebih lanjut Fikri mengatakan bahwa dengan adanya sektor industri rumahan tersebut akan membangkitkan sektor Industri kecil dan menengah, sehingga konsep demokrasi ekonomi akan berjalan seiring semakin banyaknya industri rumah tangga di Kabupaten Tegal.

"Industri kecil dan rumah tangga ini harus digalakkan lagi agar persaingan Industri kita tak hanya diramaikan pasar menengah keatas," tandas pria yang akan maju sebagai calon Bupati Tegal berjargon "Fikri Berkah" ini.

Sementara itu, salah satu pengelola Industri rumah tangga, Saidin, mengatakan bahwa industri konveksi yang dikelolanya bergerak selain untuk menyemarakkan industri kecil, juga untuk membantu meberdayakan masyarakat sekitar.

"Alhamdulillah sejak berjalan 10 tahun lalu, total pekerja kami ada 33, dan untuk pasar kita juga sudah sampai ke Jakarta dan luar negeri, seperti Malaysia," jelas Saidin.

Kunjungan Fikri Faqih ke daerah pesisir Suradadi tersebut adalah dalam rangka untuk mensosialisasikan pencalonannya sebagai Calon Bupati Tegal periode 2013-2018 yang akan digelar 27 Oktober mendatang. Fikri maju sebagai cabup Tegal berpasangan dengan Kahar Mudakir, salah satu tokoh masyarakat Tegal yang juga pengusaha bidang peternakan.

*sumber: suaramerdeka

0 comments:

Posting Komentar

***

***

Entri Populer

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by DPC PKS Jetis